Sumber daya yang dimiliki KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau sangat terbatas. Keterbatasan sumber daya ini meliputi : Keterbatasan jumlah dan kualifikasi SDM, keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki untuk menunjang kegiatan perkantoran khususnya sarana pengawasan, mengingat posisi kantor yang letaknya sangat jauh dari kota dengan kondisi geografis yang kurang menguntungkan sehingga keterbatasan sumber daya yang dimiliki ini menjadi permasalahan utama dalam upayanya mewujudkan sasaran strategis yang telah ditetapkan.

  1. Pernyataan Visi dan Misi
    1. Pernyataan Visi

KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau adalah unsur pelaksana tugas dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor  188/PMK.01/2016 tanggal 5 Desember 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau berada dibawah pengawasan langsung Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Barat, mengemban tugas visi Kantor Wilayah yang mempunyai cara pandang yang antisipatif dan jauh kedepan serta untuk meningkatkan kinerja dan citra paling tidak untuk jangka waktu lima tahun kedepan. Sejalan dengan hal tersebut, maka Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nanga Badau perlu lebih meningkatkan lagi kinerjanya agar visi Kantor Wilayah dapat tercapai.

Sebagai salah satu instansi vertikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang letaknya berbatasan langsung dengan negara lain yaitu Malaysia dan berada dibawah pengawasan langsung Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Barat, KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau telah menetapkan visi yaitu :

Menjadi Garda Bea dan Cukai di Batas Negeri yang Cerdas,
Bermartabat, Tangguh dan Berani.

 

Penjelasan dari visi tersebut adalah :

  • KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau yang berada di wilayah perbatasan negara menuntut pegawai agar memberikan pelayanan dengan cerdas terutama kepada masyarakat setempat dengan tetap menjaga martabat institusi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
  • Menjadi personel abdi negara yang tangguh menghadapi segala tugas yang diamanahkan dan berani menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi.

Dengan demikian maka visi KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau bermakna : Suatu pandangan jauh kedepan dan bercita-cita untuk menjadikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nanga Badau sebagai salah satu instansi vertikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di perbatasan yang memiliki semangat pengabdian yang tinggi dan mampu memberikan pelayanan yang cerdas dan menjaga martabat institusi sehingga keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat di perbatasan, serta tangguh menghadapi segala tugas yang diamanahkan dan berani menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi sehingga mampu membina masyarakat perbatasan menjadi lebih memahami segala peraturan dibidang kepabeanan dan cukai.

  1. Pernyataan Misi

Sebagai institusi pemerintah dan untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan serta agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik, KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau harus mempunyai misi yang jelas dan sejalan dengan misi Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Barat. Misi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nanga Badau Sebagai unsur pelaksana di daerah dan mengemban tugas untuk mewujudkan misi Kantor Wilayah yang saling terkait yaitu :

1)    Memungut penerimaan negara dari sektor perdagangan internasional dan cukai.

2)    Memberikan pelayanan terbaik dibidang kepabeanan dan cukai kepada masyarakat perbatasan dan dunia usaha.

3)    Menciptakan iklim yang konduktif bagi pertumbuhan industri dan investasi.

4)    Mengembangkan SDM dalam rangka peningkatan profesionalisme, akuntabilitas dan integritas.

5)    Melaksanakan pengawasan yang efektif dalam rangka penegakan hukum dibidang kepabeanan dan cukai serta perlindungan kepada masyarakat khususnya masyarakat di perbatasan.

Kelima misi tersebut diatas dapat dikristalisasi dalam satu integrated mission :

Menjaga Batas Negeri dengan Penuh Martabat dan Dedikasi