Layanan

Formulir Online

Kinerja KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau

Jenis Layanan Waktu Persyaratan Keterangan
Ijin Muat di Luar Kawasan Pabean 2 Jam ·       Permohonan Ijin Muat di Luar Kawasan Pabean

·       Berita Acara Cek Lokasi

·       Invoice / Packing List

Sejak dokumen diterima lengkap dan benar
Ijin Timbun di Luar Kawasan Pabean 2 Jam ·       Permohonan Ijin Timbun di Luar Kawasan Pabean

·       Berita Acara Cek Lokasi

·       Invoice / Packing List

Sejak dokumen diterima lengkap dan benar
Ekspor 7 Jam ·       Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)

·       Invoice / Packing List

·       Dokumen Pendukung ( LS, SKA,…dll)

Sejak dokumen diterima lengkap s.d. penyerahan Nota Pelayanan Ekspor (NPE)
Pelayanan Mobil Pribadi / Wisata 1 Jam ·       IC (Identity Card) / Kartu Tanda Penduduk (KTP)

·       STNK / Green Card

·       SIM A / License

·       Passport

Sejak dokumen diterima lengkap dan benar
Penerbitan Kartu Identitas Pelintas Batas (KILB) 1 Jam ·       Passport / Pas Merah

·       Fotocopy KTP yang sudah di legalisir

·       2 lembar pas Foto ukuran 3 x 4 berwarna latar merah

Sejak formulir diterima lengkap dan benar

Semua Pelayanan Tidak Dipungut Biaya

  1. Bidang Pelayanan

Kegiatan pelayanan utama KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau yang keberadaannya tepat di daerah perbatasan dengan negara tetangga yaitu Malaysia adalah pelayanan terhadap masyarakat sekitar yang melakukan kegiatan pemasukan barang (belanja) kebutuhan sehari-hari dari Lubok Antu Malaysia dengan menggunakan KILB (Kartu Identitas Pelintas Batas). Sampai dengan bulan September 2016, jumlah KILB telah diterbitkan sebanyak 603 orang.

Selain pelayanan pelintas batas dengan KILB, pelayanan utama KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau adalah ekspor CPO yang dilakukan oleh Grup Sinar Mas. Sampai dengan bulan September 2016 KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau telah melayani dokumen PEB sebanyak 172 dokumen. Berdasarkan hasil komunikasi dengan pihak eksportir, volume ekspor akan semakin meningkat seiring dengan pertambahan jumlah bahan baku dan kapasitas produksi. Tentunya hal ini akan memberikan sumbangan devisa yang cukup besar kepada negara.

Untuk kegiatan Impor, KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau melayani kebutuhan impor listrik yang diajukan oleh PT. PLN Persero untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah kawasan perbatasan. Selain listrik, KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau juga melayani impor Spiral Pipe yang dilakukan oleh Grup Sinar Mas.

  1. Bidang Pengawasan

Menyadari adanya keterbatasan SDM dan sarana prasarana yang dimiliki serta  sulitnya mengawasi wilayah kerja yang berbatasan langsung dengan negara lain (Malaysia), KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau mengintensifkan kegiatan koordinasi dengan instansi terkait khususnya kantor Imigrasi, Karantina, Kepolisian, Pamtas dan Pemda setempat. Koordinasi dimaksudkan untuk dapat saling bertukar informasi guna mendukung kinerja bidang pengawasan khususnya dalam rangka menangkal penyelundupan.

Disamping koordinasi informal yang telah dilakukan, KPPBC Tipe Madya Pabean C Nanga Badau juga aktif mengikuti dan menghadiri undangan rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Unit Pengelola Pos Pemeriksaan Lintas Batas (UP3LB) Nanga Badau.

Kegiatan pengawasan lainnya yang telah dilakukan antara lain dengan menerapkan patroli dan pengintaian di tempat-tempat yang dianggap rawan adanya pelanggaran khususnya penyelundupan barang-barang illegal dari Malaysia. Namun demikian karena keterbatasan SDM yang dimiliki maka kegiatan ini belum dapat dilakukan secara rutin dan hanya bersifat insidentil. Kegiatan pokoknya adalah melakukan patroli dan pengintaian pada jalur transportasi utama yang tepat berbatasan dengan Malaysia, dan pemantauan pada kedua pos bantu yang berada di wilayah kerja Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nanga Badau yaitu pos Merakai Panjang dan Nanga Bayan.